Rapat Pleno Persiapan MTQ Mahasiswa Nasional XIII Tahun 2013

Rapat Pleno MTQMN XIIIUniversitas Andalas dan Universitas Negeri Padang mengadakan rapat pleno persiapan MTQ Mahasiswa Nasional XIII Tahun 2013 pada hari Rabu tanggal 6 Februari 2013 bertempat di Convention Hall Kampus Unand Limau Manis. Rapat ini bertujuan membahas kesiapan Unand dan UNP sebagai tuan rumah MTQ Mahasiswa Nasional tahun 2013. Hadir dalam acara Rektor Unand, Wakil Rektor II dan III Unand, Pembantu Rektor I, II, III, dan IV UNP, Dekan dan Wakil Dekan Unand, Dekan Pembantu Dekan UNP, Dharmawanita Unand dan UNP, serta Panitia MTQ.

Acara diawali dengan sambutan Rektor UNP dalam hal ini diwakili oleh Pembantu Rektor I UNP Prof. Dr. Agus Irianto, dalam sambutannya Wakil Rektor I UNP menyatakan rasa antusias yang luar biasa atas dipilihnya Unand dan UNP sebagai penyelenggara MTQ mahasiswa Nasional pada tahun 2013 ini. Dengan adanya moment seperti ini semoga Unand dan UNP semakin solid dan dapat terus meningkatkan kerjasama yang baik.

Pembantu Rektor I UNPRektor Unand Dr. H. Werry Darta Taifur SE, MA dalam sambutannya mengucapkan rasa terimakasih atas kehadiran undangan pada acara ini dan menyediakan waktu untuk menjadi panitia MTQ Mahasiswa Nasional XIII tahun 2013. Ditunjuknya Unand dan UNP sebagai tuan rumah memiliki perjuangan yang cukup panjang. Ini merupakan kesempatan yang baik dan juga tantangan yang sangat berat. Dikarenakan MTQ Mahasiswa Nasional XIII yang dilaksanakan pada tanggal 23-29 Juni 2013 juga bertepatan dengan Ujian Nasional (UN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2013, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2013. Ini tentunya sangat memerlukan perhatian khusus Unand dan UNP guna mengsukseskan ivent akbar ini.

Lebih lanjut Rektor Unand mengatakan dalam pelaksanaan acara ada 3 hal yang perlu diperhatikan pertama, sebelum acara, kedua, pada saat acara, ketiga, setelah acara. Kunci sukses acara MTQ Mahasiswa Nasional XIII terletak pada transportasi yang lancar, konsumsi yag cukup dan enak, serta akomodasi yang memadai. Diakhir sambutannya Rektor berharap Unand dan UNP dapat bersaing secara sehat pada kontigen, solid sebagai panitia pelaksana acara, dan sama-sama menang dalam pertandingan.

Wakil Rektor III UnandLaporan persiapan panitia MTQ Nasional XIII tahun 2013 disampaikan Ketua Panitia, Wakil Rektor III Unand Prof. Dr. H. Novesar Jamarun, MS. Dalam laporannya Prof. Novesar menyampaikan tujuan dilaksanakanya MTQ Mahasiswa Nasional XIII tahun 2013 adalah untuk meningkatkan pemahaman Al-Qur’an di kalangan mahasiswa melalui pendalaman dan pengamalan isi kandungan  isi Al-Qur’an dalam kehidupan, mengaktualisasikan nilai-nilai kandungan Al-Qur’an di kalangan mahasiswa dalam kehidupan, meningkatkan Ukhuwwah Islamiyah melalui budaya baca Al-Qur’an pada MTQ antar perguruan tinggi se-Indonesia, melestarikan seni dan budaya bangsa Indonesia berkenaan dengan Al-Qur’an.

Wakil Rektor III Unand lebih lanjut menjelaskan MTQ Mahasiswa Nasional XIII Tahun 2013 yang dilaksanakan tanggal 23-29 Juni 2013 disepakati pembukaannya akan dilaksanakan di Unand dan penutupannya di UNP. Seluruh Khafilah tiba di Padang pada tanggal 22 Juni 2013 dan membawa bendera Perguruan Tinggi, jas/jaket almamater dan pakaian daerah yang akan digunakan pada pawai ta’aruf. Adapun bidang Musabaqah yang diperlombakan adalah Musabaqah Tilawatil Al-Qur’an (Unand), Musabaqah Tartil Al-Qur’an (UNP), Musabaqah Hifdziil Al-Qur’an 1 juz (Unand), Musabaqah Hifdziil Al-Qur’an 2 juz (Unand), Musabaqah Hifdziil Al-Qur’an 5 juz (Unand), Musabaqah Qira’at Sab’ah Al-Qur’an (Unand), Musabaqah Fahmil Al-Qur’an (UNP), Musabaqah Syarhil Al-Qur’an (UNP), Musabaqah Khatil Al-Qur’an (Unand), Musabaqah Karya ilmiah Al-Qur’an (UNP), Musabaqah debat kandungan Al-qur’an dalam bahasa Arab (UNP), dan Musabaqah debat kandungan Al-Qu’an (UNP). Syarat peserta MTQ adalah mahasiswa aktif yang terdaftar di perguruan tinggi, mahasiswa Diploma dan Strata 1 dengan umum maksimum 24 tahun terhitung Juni 2013 saat MTQ berlangsung dan ketentuan umum lainya.

Universitas Andalas sendiri telah menyiapkan beberapa Venue untuk perlombaan seperti Masjid Nurul I’lmi, Convention Hall, Gedung E, Gedung F, Gedung PKM, dan Auditorium. Rapat dipusatkan pada diskusi dan masukan seputar persiapan MTQ Mahasiswa Nasional tahun 2013.